Homeschooling di Jakarta | Saint Monica Kelapa Gading

homeschooling di jakarta

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Sistem Homeschooling

Untuk membantu mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 dan mencegah membebani sistem perawatan kesehatan secara berlebihan, banyak aktivitas yang dibatasi. Mulai dari kegiatan bekerja, beribadah, hingga belajar; semua dilakukan dari rumah. Akibatnya, banyak sekolah ditutup dan memindahkan sistem pembelajaran anak-anaknya ke pembelajaran online di rumah. Pembelajaran online atau homeschooling ini mungkin pengalaman pertama dan tantangan baru bagi sebagian anak dan orang tua, terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan mengenai sistem homeschooling ini. Dan untuk membantu Anda sedikit memahami mengenai sistem homeschooling ini, berikut kami sampaikan berbagai alasan mengapa Anda harus memilih sistem homeschooling.

Terlibat

Dengan menyekolahkan anak dengan sistem homeschooling, anak dapat melakukan semua kunjungan lapangan, membaca semua buku pilihan, dan membuat kreasi Anda sendiri. Bermain dan belajar dengan anak-anak Anda adalah salah satu manfaat terbesar dari homeschooling.

Orang Tua Belajar Bersama Anak-Anak

Homeschooling bisa menjadi alasan untuk mengisi kesenjangan dari masa sekolah anak. Pelajari tentang orang-orang yang menarik dari sejarah, menangkap penemuan terbaru dalam sains, dan jelajahi konsep di balik masalah matematika. Alih-alih mengingat tanggal, definisi, dan formula, Anda dapat memberikan lingkungan belajar yang kaya akan pembelajaran. Ini pembelajaran seumur hidup yang terbaik!

Anak Menikmatinya

Sebagai orang tua, Anda dapat bertanya kepada anak-anak Anda apa yang mereka inginkan — tinggal di rumah atau pergi ke sekolah. Jika mereka memiliki teman-teman yang bersekolah di rumah, itu berarti mereka ada di siang hari untuk berkumpul ketika teman-teman mereka yang bersekolah berada di kelas, latihan sepak bola, latihan band, atau melakukan pekerjaan rumah.

Anak-Anak Dapat Belajar Tentang Minat Mereka

Sebagian besar anak-anak memiliki minat khusus mereka sendiri, bidang yang dapat mereka diskusikan seperti seorang ahli. Sangat sedikit dari bidang ini — seni modern, Lego, analisis film horor — adalah hal-hal yang dipelajari siswa di sekolah. Di sekolah tradisional, memiliki minat yang tidak terkalahkan tidak membuat Anda mendapatkan nilai baik dengan guru dan siswa lain, tetapi dengan homeschooling, itulah yang membuat teman begitu menarik.

Homeschooling Mengajari Anak-Anak Berinteraksi dengan Orang Dewasa

Ketika homeschooler berinteraksi dengan orang dewasa di komunitas sambil mempelajari pengalaman mereka sehari-hari, mereka belajar bagaimana orang memperlakukan satu sama lain di depan umum. Ini semacam sosialisasi yang kebanyakan anak sekolah tidak alami sampai mereka siap menghadapi dunia luar.

Ini Menyatukan Anak dan Orang Tua

Memang, anak-anak mengembangkan kemandirian, tetapi anak-anak yang belajar dengan homeschooling melakukannya dengan mengambil lebih banyak tanggung jawab untuk pembelajaran mereka sendiri, bukan dengan berperang dan memberontak melawan orang dewasa dalam kehidupan mereka. Faktanya, anak yang belajar dengan homeschooling seringkali lebih siap untuk kehidupan dewasa daripada teman sebaya mereka yang bersekolah.

Penjadwalan Fleksibel

Tidak perlu bangun sebelum subuh untuk naik bus sekolah. Tidak perlu khawatir tentang melakukan perjalanan keluarga yang berarti harus ijin tidak masuk kelas. Homeschooling memungkinkan keluarga untuk belajar di mana saja, bahkan di jalan, dan itu memberi mereka fleksibilitas untuk melakukan hal-hal penting dalam kehidupan mereka, sesuai jadwal mereka sendiri.

Homeschooling Memberdayakan Orang Tua

Seperti halnya dengan anak-anak, homeschooling juga membantu orang tua belajar bahwa mereka dapat melakukan banyak hal yang tidak pernah mereka impikan. Homeschooling memungkinkan orang tua menjadi orang yang membimbing anak-anak mereka dari membaca hingga trigonometri hingga perguruan tinggi. Anda akan mendapatkan sebanyak mungkin pendidikan anak-anak Anda. Sepanjang jalan, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan yang bahkan dapat membantu Anda di dunia kerja.

Homeschooling Memperkuat Nilai Keluarga

Homeschooling bisa bersifat religius atau sekuler, tetapi ada beberapa hal yang tidak dipercaya oleh banyak homeschooler — seperti membayar anak-anak dengan pizza, permen, atau tiket masuk taman hiburan untuk membaca buku. Atau menilai nilai seseorang berdasarkan kecakapan olahraga atau nilai mereka.

Itulah berbagai alasan mengapa Anda harus memilih sistem homeschooling sebagai sistem pendidikan anak Anda. Bagi Anda yang tertarik untuk menyekolahkan anak Anda dengan sistem pendidikan homeschooling atau menginginkan anak Anda sekolah dari rumah secara permanen, maka Anda dapat mempertimbangkan Saint Monica Jakarta School. Saint Monica Jakarta School saat ini menyediakan program homeschooling.

Program Homeschooling Saint Monica Jakarta School

Program Homeschooling Saint Monica Jakarta School adalah program baru yang ditawarkan oleh Saint Monica Jakarta School dan program ini akan dimulai pada Tahun ajaran baru Juli 2020. Adapun program Homeschooling Saint Monica Jakarta School ini berbeda dari pada sistem homeschooling pada umumnya. Hal ini dikarenakan homeschooling Saint Monica Jakarta School tetap menyediakan Leadership Program (program khusus yang mengajarkan beberapa nilai penting dalam kepemimpinan) untuk dinikmati oleh semua anak sama seperti pada sistem sekolah biasa. Selain itu, bagi orang tua di seluruh Indonesia yang membutuhkan program penghubung untuk nantinya anak dapat melanjutkan ke sekolah reguler setelah masa pandemi berakhir, dapat bergabung di program Homeschooling ini dikarenakan para siswa akan mendapatkan rapot dan ijazah dengan pembelajaran online. Dengan kurikulum yang telah terbukti sejak tahun 1989, orang tua tak perlu khawatir dengan perkembangan anak-anak di program Homeschooling Saint Monica Jakarta School ini.

Untuk mendapat berbagai informasi lainnya mengenai program Homeschooling Saint Monica Jakarta School, maka Anda dapat memperolehnya melalui website official Saint Monica Jakarta School di https://saintmonicajakarta.org/.

Kunjungi Juga Sekolah Preschool di : http://growingmindpreschool.com/