Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Ketika orang membeli makanan, mereka tidak begitu memikirkan tentang kemasan yang digunakan. Meskipun demikian, kemasan tetap merupakan hal yang penting untuk dipikirkan saat Anda menjual atau berbisnis makanan. Hal ini dikarenakan kemasan makanan memiliki banyak tujuan, termasuk menjaga kondisi makanan dan melindunginya dari elemen eksternal. Dikarenakan tujuannya yang sangat penting, yaitu menyangkut tentang kesehatan dan keselamatan dari banyak orang, maka memilih kemasan makanan pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Adapun kemasan makanan ramah lingkungan hadir dalam berbagai bahan, berdasarkan persyaratan teknis di seluruh rantai pasokan, serta kebutuhan pemasaran (seperti identitas merek atau informasi konsumen) dan kriteria lainnya. Untuk membantu Anda mendapatkan packaging makanan yang tepat dan aman dalam menjaga kondisi makanan Anda, berikut ini kami berikan berbagai bahan yang biasa digunakan sebagai kotak makanan.

Packaging makanan berbahan kertas

Kertas adalah salah satu bahan kemasan makanan yang sangat serbaguna. Hal ini dikarenakan kertas mampu digunakan dalam beragam aplikasi. Bahan kertas yang lebih tebal, seperti kertas karton dan papan serat sering digunakan sebagai kotak makanan. Tidak hanya itu, kertas biasa juga dapat digunakan untuk membuat kemasan yang lebih tipis, seperti label kotak, kantong kertas, dan banyak lagi.

Kemasan atau kotak makanan berbahan plastik

Bahan plastik yang digunakan sebagai kemasan makanan biasanya banyak ditemukan dalam bentuk wadah, seperti kotak makanan. Kemasan makanan plastik ini biasanya digunakan untuk menampung makanan beku, makanan ringan, makanan kering, dan produk susu. Bahan plastik ini juga dapat ditemukan dalam bentuk gelas plastik yang digunakan untuk minuman dan bumbu. Selain penggunaannya yang serbaguna, plastik juga dapat didaur ulang, sehinggadianggap sebagai green packaging. Dalam masyarakat saat ini, opsi pengemasan ramah lingkungan menjadi pertimbangan yang lebih penting bagi konsumen ketika memilih produk makanan.

Artikel Lainnya : Gelas Plastik / Cup Plastik

Kemasan makanan berbahan kaca

Bahan green packaging lainnya adalah gelas. Hal ini dikarenakan bahan gelas juga dapat didaur ulang dan saat didaur ulang, gelas dapat digunakan untuk membuat produk kemasan gelas tambahan. Adapun kemasan makanan berbahan gelas ini sering digunakan untuk minuman atau produk makanan yang dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama.

Packaging makanan berbahan aluminium

Termasuk ke dalam golongan logam biasa, aluminium memiliki berbagai keuntungan, yakni tidak mahal, mudah dibuat, dan ramah lingkungan. Adapun kemasan makanan berbahan aluminium ini biasanya digunakan untuk menyimpan makanan dengan aman untuk jangka waktu yang lama. Daging, sayuran, dan kacang-kacangan biasanya disimpan sebagai barang kaleng dalam aluminium. Aluminium adalah pilihan umum karena membantu melindungi produk makanan dari kelembaban, sinar matahari, dan elemen eksternal lainnya.

Sumber Lengkap Artikel : https://www.virtuspack.com/id/articles/rekomendasi-kemasan-makanan

Kunjungi Juga : Disini