Memilih CCTV Yang Tepat Untuk Anda

Image for post
Image for post
Source Image : Freepik

Bagaimana Anda bisa untung jika Anda tidak dapat melindungi aset Anda? Untuk itu, keamanan sangat penting untuk bisnis apapun. Untungnya, sistem pengawasan CCTV Jakarta sekarang ini sudah lebih cerdas dan efektif dari sebelumnya. CCTV sekarang menawarkan fungsi dan fitur komputer, seperti sensor gerak dan notifikasi seluler otomatis. Beberapa bahkan memungkinkan Anda secara otomatis menghubungi penegak hukum secara instan jika perlu. Tidak hanya itu, perkembangan teknologi juga telah mengarahkan sistem pengawasan dengan cara yang lebih efisien dalam mengelola pencatatan dan penyimpanan. Dengan demikian, Anda sebagai pemilik usaha bisa mendapatkan akses ke sistem keamanan yang sangat kuat dengan harga yang relatif terjangkau.

Saat ini, ada banyak jenis dan model kamera CCTV yang dijual di pasaran. Untuk itu, memilih kamera CCTV yang tepat untuk bisnis Anda tentunya tidaklah mudah. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih kamera CCTV Jakarta.

  • Resolusi

Ini adalah salah satu pertimbangan terpenting saat memilih CCTV. Untuk mendapatkan gambar yang tajam, Anda memerlukan kamera CCTV yang dapat memotret setidaknya dalam definisi tinggi 720p, yang berarti IP camera. Jika Anda ingin menjamin bahwa kamera CCTV Anda akan memiliki gambar yang jelas dan dapat dikenali, maka jangan lewatkan hal yang satu ini!

  • Kecepatan bingkai (frame rate)

Ini adalah aspek kunci lain dari kamera CCTV — semakin tinggi kecepatan bingkai, semakin mulus videonya. Video hanyalah serangkaian gambar diam yang digabungkan untuk membuat film. Semakin rendah frekuensi gambar, semakin jarang gambar diam diambil; ini menghasilkan rekaman yang lebih tajam. Untuk itu, Anda sebaiknya mempertimbangkan frekuensi gambar dari kamera CCTV yang akan Anda beli sebelum memutuskan. Sebagai referensi, “real time” biasanya diukur sebagai 30 bingkai per detik.

  • Model

Ada beberapa model kamera CCTV yang berbeda. Beberapa yang lebih umum adalah kamera peluru (bullet camera), yang berbentuk kotak persegi panjang yang terlihat menonjol dari dinding; kamera kubah (dome camera), yang sering dipasang ke langit-langit; dan kamera pan-tilt-zoom (PTZ), yang menawarkan kemampuan kendali jarak jauh untuk menyesuaikan bidang penglihatan. Bergantung pada kebutuhan keamanan khusus Anda, Anda perlu mempertimbangkan model kamera yang akan digunakan untuk melengkapi sistem keamanan Anda.

  • Indoor/outdoor

Beberapa CCTV dibuat khusus untuk penggunaan di dalam ruangan dan tidak akan tahan terhadap berbagai gangguan alam, seperti halnya CCTV luar ruangan. Jika Anda berencana menggunakan CCTV di luar ruangan, pastikan Anda membeli model yang tahan cuaca. Jika tidak, air atau kotoran dapat mengganggu kualitas video Anda atau, lebih buruk lagi, merusak CCTV Anda. Pastikan untuk memahami tingkat perlindungan dari kondisi alam yang ditawarkan CCTV Anda.

  • Pencahayaan

Banyak CCTV mampu memotret dalam apa yang dikenal sebagai “inframerah cahaya rendah”, memungkinkan mereka menangkap rekaman yang jelas dalam kondisi gelap. CCTV ini mengandalkan lampu LED infra merah, yang menutupi area gelap dengan cahaya infra merah. Tidak seperti manusia, CCTV dapat melihat cahaya infra merah ini, jadi ketika panjang gelombang tersebut memantulkan kembali, seolah-olah kamera sedang merekam rekaman di ruangan yang diterangi. Semakin banyak LED IR yang dimiliki CCTV, semakin baik kemampuannya untuk melihat di malam hari. Jika merekam rekaman dalam gelap adalah prioritas, pastikan CCTV Anda memiliki banyak LED IR.

  • Audio

Pilihan perekaman audio tergantung pada kamera dan pabrikan tertentu. Beberapa kamera tidak menangkap audio sama sekali, sementara yang lain melakukannya. Beberapa bahkan mengaktifkan audio dua arah, sehingga orang yang menonton kamera di ujung lainnya dapat berkomunikasi dengan subjek di bidang pandang kamera.

Sumber Artikel

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store