Mengapa Anda membutuhkan lampu LED dengan CRI tinggi?

lampu led

Jawabannya sederhana karena teknologi terbaru pada lampu LED ini, mampu merefleksikan warna yang akurat, dan keunggulan inilah yang membuat suatu objek semakin indah, maupun memberi hidup suatu ruangan.

Namun sebelum itu mari kita mengulas sedikit mengenai teknologi ini, agar semakin memahami dan mudah di mengerti.

Jika Anda telah menjelajahi pencahayaan dan bola lampu, mungkin sesekali tentunya Anda pernah menemukan singkatan CRI, biasanya disertai dengan angka. CRI adalah singkatan dari Color Rendering Index. Informasi jenis ini diperlukan jika Anda serius ingin membuat rumah atau ruang kerja, maupun penggunaan di tempat komersil yang terlihat lebih baik. Untuk itu simak terus tentang CRI dan mengapa itu penting.

Apa Arti CRI?

Pertama-tama, jangan bingung membedakan indeks rendering warna dengan suhu warna.

Temperatur warna, diukur dalam Kelvin, menunjukkan seberapa hangat atau sejuknya pencahayaan. Misalnya suhu yang lebih hangat dan kekuningan umumnya lebih disukai untuk mengatur suasana santai, seperti di restoran. Sementara suhu netral atau dingin cenderung lebih baik untuk di ruang kerja, komersial, dan industri.

Meskipun suhu warna itu penting, pilihan itu kembali lagi pada selera pribadi dan ruang yang akan diterangi. CRI, di sisi lain, umumnya kurang bergantung pada variabel-variabel ini. Untuk kebanyakan orang dan tempat, semakin tinggi CRI, semakin baik.

Teknologi ini mengacu pada seberapa akurat cahaya buatan menunjukkan warna benda atau orang di bawahnya. Menggunakan skala numerik dari 1 hingga 100, dan mampu mengevaluasi penampakan warna dan akurasi warna objek di bawah cahaya yang berbeda, jika dibandingkan dengan tampilan objek di bawah cahaya pijar atau sinar matahari alami.

Secara teknis, lampu pijar dan sinar matahari dianggap sebagai “radiator benda hitam”. Semakin tinggi nilai numerik, semakin baik penampilan warna lampu atau bohlam. Umumnya, CRI 85 atau lebih sudah dianggap baik

CRI yang Mampu Menonjolkan Warna Objek

Mengapa penampilan warna penting? Karena Ini bisa menjadi faktor penting di hampir semua ruang, dari rumah hingga bisnis. Lampu dengan memiliki Indeks sesuaian warna yang rendah akan memberikan rona datar dan pudar pada apa pun yang diterangi. Pada objek, ini bisa berarti warna yang menjemukan dan kusam. Pada manusia, ini bisa diterjemahkan menjadi warna kulit yang pucat dan tidak menarik.

Sebaliknya, pencahayaan dengan Indeks sesuaian warna tinggi dapat menanamkan kehidupan yang lebih hidup. CRI yang tinggi akan membuat warna furnitur, pakaian, makanan, dan objek lain “menonjol”.

Selain itu keunggulan lainnya bisa menambahkan kehalusan yang sangat kaya pada desain yang telah Anda terapkan. Sehingga dapat dikatakan peringkat CRI yang tinggi sangat penting untuk aplikasi dan lingkungan kritis warna di mana daya tarik visual, presentasi, dan akurasi warna sangat dibutuhkan. Ini termasuk toko untuk menonjolkan pakaian warna-warni, toko bahan makanan untuk membuat makanan dan hasil bumi terlihat lezat, dan bahkan di real estat ketika membuat rumah terlihat hidup dan menarik akan membantunya menjual.

Mengapa CRI Penting

Di era bola lampu pijar, CRI belum dilirik oleh sebagian orang. Itu karena pijar memberikan rendering warna yang dianggap cukup bagus.

Namun seiring berjalannya waktu, bola lampu pijar mulai menghilang dari pemandangan pencahayaan, sebagian besar karena efisiensi energinya yang buruk. Awalnya, mereka digantikan oleh lampu fluorescent yang lebih hemat energi. Sekarang, bohlam LED menjadi alternatif yang populer.

LED telah dipuji karena efisiensi energinya yang superior bahkan dibandingkan dengan fluorescent yang memakan cukup energi. Selain itu penerangan ini juga memiliki manfaat lain, seperti umur yang lebih panjang, tidak mengandung merkuri yang berbahaya dan tidak mudah pecah.

Lampu LED dan CRI

Dari pembahasan di atas dapat dilihat bukan jika LED memiliki banyak keunggulan penting Selain dapat memberikan CRI yang lebih baik, Anda dapat menikmati warna yang lebih hidup dan realistis. Dapat dipergunakan saat bercukur atau merias wajah di depan cermin kamar mandi di rumah, menerangi karya seni di dinding, atau menerangi etalase di toko.

Bagaimanapun, dapat dikatakan Anda bisa mendapatkan warna natural yang nyaris sempurna jika memilih LED dengan indeks tinggi. Ini menjadi Menjadi poin penting dalam bisnis di mana Anda mencari warna-warna alami yang menarik, seperti untuk restoran, toko, atau di rumah di mana Anda ingin semua orang terlihat dan merasa tinggal di tempat terbaik.

Hal terbaik lainnya tentang penerangan ini sendiri adalah harga lampu LED yang tidak lebih mahal daripada lampu dengan peringkat CRI standar yang baik. Sehingga pertimbangkan manfaat penampakan warna alami, dalam penghematan lainnya menggunakan teknologi ini.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store