SPOT YANG COCOK UNTUK DIVING DI LOMBOK

Jika Anda sedang mencari destinasi liburan, Lombok mungkin dapat menjadi salah satu pilihan tempat liburan Anda. Hal ini dikarenakan Lombok merupakan tempat yang memiliki banyak pulau-pulau yang indah dan mengagumkan, serta merupakan alternatif destinasi tempat wisata seindah Bali, namun tidak terlalu ramai. Tidak hanya itu, sebagai salah satu tempat destinasi terbaik di Indonesia, Lombok tidak hanya memiliki keindahan panorama pantai yang mengagumkan, tetapi juga keindahan bawah lautnya yang tidak kalah indah. Oleh karena itu, untuk Anda yang senang melakukan olahraga air, seperti diving, maka Lombok merupakan solusi yang tepat. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat diving di Lombok yang tidak kalah indah dan menarik dari Gili Trawangan, salah satu spot destinasi wisata diving yang terkenal indah di Lombok.

Kunjungi Juga : Papua Paradise

Gili Kondo

Gili Kondo merupakan satu dari beberapa pulau kecil atau gili di timur Pulau Lombok yang tepatnya terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Di Gili Kondo ini, Anda bisa menikmati hamparan pasir putih, birunya air laut dengan gradasi warna yang membuat segala kepenatan hilang disapu angin laut. Bagi Anda yang hobi melakukan olahraga air seperti snorkeling dan diving, maka inilah tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Beraneka ragam biota laut dan terumbu karang berwarna-warni sangat mudah dijumpai paket tour bunaken juga.

Gili Meno

Gili Meno terletak tak jauh dari Gili Trawangan. Berada di Dusun Gili Meno, Desa Gili Indah, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Gili Meno terkenal akan patung bawah laut yang letaknya berada di 13 kaki kedalaman laut. Patung bawah laut ini sendiri merupakan hasil karya seorang seniman bernama Jason deCaires Taylor. Dengan menyelam di sini, Anda akan menemukan beragam biota laut mengagumkan. Tidak hanya itu, di Gili Meno ini, Anda juga bisa berkunjung ke Gili Meno Wall untuk melihat penyu-penyu yang berenang ke sana kemari.

Gili bidara

Gili ini tak kalah indah pemandangan bawah lautnya dari gili lainnya di pulau Lombok yang sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang menyukai snorkeling atau diving, di gili ini, Anda akan menemukan spot snorkeling dengan kedalaman 1.5–3 meter yang menyuguhkan kehidupan laut di bawahnya yang mengagumkan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan terumbu karang yang merupakan tempat tinggal gerombolan nemo. Berenang di Pantai Gili Bidara cukup aman dengan airnya yang tidak terlalu berombak di siang hari. — Paket Trip Bali

Gili Petelu

Gili Petelu adalah primadona para wisatawan yang senang menikmati dunia bawah laut. Banyak wisatawan mancanegara dan domestik datang ke lokasi ini untuk menikmati taman bawah lautnya. Adapun keunikan daripada Gili Petelu adalah saat air surut, akan muncul jalanan berpasir yang memungkinkan wisatawan untuk menyeberang ke bukit kecil di dekatnya. Gili Petelu dan bukit kecil ini sebenarnya menyatu, namun ketika pasang, keduanya akan tampak seperti terpisah. Jalan berpasir ini pun bisa menjadi spot foto Anda yang sangat menarik. Selain itu, saat air laut sedang surut, Anda bisa menikmati langsung pemandangan di bawah laut dari atas perahu. Rasanya seperti berada di atas akuarium raksasa dengan beragam jenis ikan dan terumbu karang di bawahnya.

Namun, bagi Anda yang suka dengan olahraga air, air laut yang surut dan ombak yang mulai tenang merupakan waktu yang tepat untuk Anda melakukan olahraga air, seperti snorkeling dan berenang bersama aneka ragam biota laut sambil menikmati warna-warni terumbu karang. Bahkan jika Anda beruntung, Anda bisa bertemu dengan kerumunan ikan Nemo. Hal lain yang menarik untuk berkunjung ke sini adalah gili ini berbentuk pulau karang dengan kontur berbukit yang luasnya tidak terlalu besar, namun memiliki view yang sangat indah dan mempesona.

Baca Juga : Trip Pulau Komodo

Gili Asahan

Yang terakhir ada Gili Asahan. Gili Asahan merupakan salah satu spot menyelam favorit di Lombok selain Gili Trawangan. Ini merupakan sebuah gili yang terletak di ujung barat Lombok, tepatnya di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong barat. Berjarak kurang lebih 60 km dari Mataram dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Di sini, Anda bisa menemukan soft coral dan hard coral yang masih terjaga keasliannya, sehingga cocok untuk menjadi spot diving maupun snorkeling dengan puas. Tidak hanya itu, arus lautnya pun relatif tenang, sehingga cocok untuk diving.

Jika Anda senang diving atau snorkeling, 5 spot di atas bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Bagi Anda ingin melakukan trip ke Lombok untuk menikmati berbagai kegiatan olahraga air, seperti diving atau snorkeling, Archipelago Travel menyediakan paket untuk Anda, yaitu Lombok diving trip. Untuk kelengkapan informasinya, bisa kunjungi laman resminya disini.