Sign in

Tips Memilih Jasa Kirim Motor Terpercaya

Image for post
Image for post

Jasa kirim motor semakin banyak kita jumpai terutama di kota-kota besar. Banyaknya jasa pengiriman motor ini membuat Anda harus teliti dalam memilih jasa mana yang sudah terpercaya. Banyak pilihan memang memudahkan, tetapi juga membingungkan. Nah, dalam artikel kali ini kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih jasa pengiriman motor yang terpercaya.

Kenapa penting untuk menyimak tips kali ini? Karena jika Anda tidak selektif dalam memilih, banyak kemungkinan tidak mengenakan yang dapat Anda alami. Seperti, pengiriman yang terlalu lama (tidak sesuai jadwal), kendaraan sampai dalam kondisi yang tidak sama saat pengiriman hingga penipuan jasa pengiriman motor.

Untuk menghindari berbagai kemungkinan buruk di atas, berikut kita simak bagaimana cara memastikan bahwa jasa kirim motor yang Anda tuju benar-benar dapat dipercaya :

1. Cek Pelayanan Jasa Kirim

Pelayanan jasa kirim motor tentu memiliki kantor dan juga nomer telepon kantor, Anda bisa menanyakan mengenai apakah dapat mengirim motor ke kota tujuan Anda? Berapa estimasi lama pengiriman? Berapa biaya kirim? Apa saja syarat-syaratnya? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang bisa Anda tanyakan seputar pengiriman motor.

Jawaban dari pertanyaan yang Anda berikan dapat menjadi penilaian awal untuk mengetahui tingkat profesional jasa kirim tersebut. Pastikan layanan customer dari jasa kirim tersebut mudah untuk dihubungi.

Kunjungi juga : jasa pengiriman atau kirim mobil

2. Cek dan Bandingkan Biaya / Ongkos Kirim

Tanyakan ongkos kirim yang ditawarkan oleh pihak jasa kirim. Bandingkan dengan harga pasaran pengiriman motor. Perhatikan juga jarak pengiriman hingga estimasi motor sampai ke kota tujuan dalam waktu berapa hari/minggu.

3. Pastikan Apakah Biaya Kirim Sudah Termasuk Ongkos Packing

Sama seperti pengiriman barang lain, kendaraan bermotor juga bisa di packing untuk melindungi body motor. Biaya packing ini biasanya tergantung dengan bahan yang digunakan dalam pengemasan.

Pastikan setelah mengetahui ongkos kirim, Anda tidak lupa untuk memastikan apakah ongkos tersebut sudah termasuk packing atau tidak. Jika tidak, maka tanyakan berapa biaya packing yang aman untuk kendaraan Anda. Umumnya biaya packing sekitar 30rb — 50rb. Pastikan packing menutupi seluruh body motor kecuali bagian roda, agar motor Anda dalam keadaan aman hingga sampai ke tujuan kirim.

4. Tanyakan Lama Waktu Pengiriman dari Jasa Kirim Motor

Waktu pengiriman biasanya dilihat dari jauhnya kota tujuan pengiriman. Anda perlu mengetahui juga pengiriman motor menggunakan kendaraan apa. Sehingga Anda juga bisa ikut mengira-ira waktu normal kendaraan Anda bisa sampai ke tujuan.

5. Cek Resi

Setelah menerima resi pengiriman, pastikan di dalam resi sudah ada keterangan mengenai biaya asuransi, STNK, kunci kontak dan keterangan lain yang dibutuhkan sebagai bukti Anda benar-benar menitipkan motor pada jasa tersebut untuk dikirimkan di kota tujuan pengiriman Anda. Cek juga apakah motor akan dikirimkan sampai ke alamat tujuan atau harus mengambil sendiri.

6. Pastikan Terdapat Asuransi Pengiriman

Umumnya jasa pengiriman motor memiliki asuransi untuk melindungi kendaraan selama proses pengiriman. Jadi pastikan Anda menggunakan asuransi. Jika jasa pengiriman tidak memberikan layanan asuransi, tanyakan bagaimana pertanggungjawaban jasa pengirim jika selama pengiriman terjadi kerusakan dan semacamnya. Jika jasa kirim memberikan jawaban yang tidak memuaskan atau terkesan tidak bertanggung jawab, maka pertimbangkan kembali untuk memilih jasa tersebut.

Demikian beberapa tips yang bisa kami berikan seputar cara memastikan apakah jasa kirim motor tersebut dapat dipercaya atau tidak. Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat menghindarkan Anda dari hal-hal buruk dalam melakukan pengiriman motor antar kota atau antar pulau.

Kunjungi juga : jasa kirim alat berat

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store