Tips Menggunakan Genset dengan Aman

Genset bisa menjadi penyelamat bagi Anda. Namun, seperti yang telah kita lihat, ada begitu banyak kasus kecelakaan akibat kurangnya pengalaman dan penggunaan genset yang tidak tepat, yang dapat membuat genset menjadi sangat berbahaya. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman lebih mengenai cara menggunakan genset dengan aman. Berikut ini adalah beberapa tips mengenai cara menggunakan genset dengan aman.

Jangan Pernah Mengoperasikan Genset di atau Terlalu Dekat dengan Rumah Anda!

Produsen genset terus menerus memperingatkan Anda tentang bahaya keracunan karbon monoksida. Namun setiap tahun, orang meninggal karena menjalankan genset murah mereka di garasi atau terlalu dekat dengan rumah mereka. Produsen tidak bercanda. Anda tidak dapat menjalankan genset di garasi Anda, bahkan dengan pintu terbuka. Dan Anda juga tidak dapat menjalankannya di bawah atap. Adapun yang harus Anda lakukan adalah memindahkannya dari rumah dan menerapkan kabel ekstensi yang lebih panjang. Itu lebih baik daripada alternatif yang berpotensi membawa bencana.

Jangan pernah ‘Mengumpan Balik’ Daya ke Rumah Anda!

Internet dipenuhi dengan artikel yang menjelaskan cara “memasukkan kembali” daya ke rumah Anda dengan kabel ekstensi “berujung ganda”. Tapi, itu nasihat yang buruk dan Anda tidak boleh mengikutinya. Mengumpan balik adalah ilegal dan itu dapat (dan memang) membunuh anggota keluarga, tetangga, dan linemen perusahaan listrik. Jika Anda benar-benar ingin menyingkirkan semua kabel ekstensi, gunakan sakelar transfer. Kemudian, minta bantuan teknisi listrik untuk memasangnya. Itulah satu-satunya alternatif yang aman untuk beberapa kabel ekstensi.

Biarkan Genset Mendingin Sebelum Mengisi Ulang

Tangki bahan bakar genset selalu berada di atas mesin, sehingga itu bisa “mengumpan gravitasi” ke karburator. Tetapi, pengaturan itu dapat dengan cepat berubah menjadi bencana jika Anda mengisi bahan bakar pada genset yang panas. Kesalahan seperti inilah yang membuat genset (dan pemilik) terluka parah setiap tahun. Untuk itu, biarkan genset Anda mendingin. Kami tahu Anda bisa hidup tanpa listrik selama 15 menit saja.

Simpan dan Tuang Dengan Aman

Jika Anda menyimpan bahan bakar di rumah, gudang yang aman atau garasi yang dapat dikunci adalah tempat terbaik untuk menyimpan solar atau bensin. Jangan simpan wadah bahan bakar di ruang keluarga karena berisiko kebakaran! Itu termasuk kamar tidur, kamar mandi, dapur dan lounge, jangan simpan di ruang makan Anda juga! Pastikan area tempat Anda menyimpan bahan bakar jauh dari akomodasi utama dan simpan di lokasi yang aman untuk mencegah kemungkinan pembakaran. Sementara itu, saat Anda mengisi genset, keluarkan bahan bakar dari garasi atau lokasi aman dan lepaskan tutupnya di udara terbuka. Jangan merokok atau menggunakan nyala api di dekat bahan bakar dan selalu gunakan corong untuk mencegah bahan bakar tumpah ke bagian mesin, pakaian, atau lantai. Jika Anda berhasil memercikkan sedikit bahan bakar ke pakaian Anda, Anda harus segera menggantinya. Berhati-hatilah, perlakukan bahan bakar dengan baik dan Anda tidak akan mengalami masalah saat menyimpan atau menuangkannya ke genset.

Kunjungi Juga : Jual Genset Jakarta

Letakkan Genset di Permukaan yang Rata

Banyak genset yang memiliki sistem pelumasan dengan “pencelup” berupa poros engkol yang berfungsi mengambil oli dan memercikkannya ke bagian yang bergerak. Sistem itu bekerja dengan baik jika unit berada di permukaan tanah yang rata. Tetapi, jika Anda menempatkan genset di tempat yang miring (biasanya lebih dari 10 derajat), pencelup tidak dapat menjangkau semua oli, dan beberapa bagian mesin menjadi kering. Itu adalah resep untuk bencana besar. Jadi, perhatikan peringatan pabrik dan letakkan genset Anda di permukaan yang rata. Jika Anda tidak memiliki posisi yang datar, buatlah satu. Nasihat itu berlaku bahkan jika Anda memiliki sistem pelumasan bertekanan.

Tidak hanya menjual genset, kamijuga melayani jasa penyewaan dan perawatan genset layanan purna jual genset dengan jangkauan sampai ke seluruh wilayah Indonesia.

Kunjungi Juga : Genset Silent

Dan : Disini

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store